museum anne frank yang bersejarah di negara belanda

Museum Anne Frank yang Bersejarah di Negara Belanda

Museum Anne Frank yang Bersejarah di Negara Belanda Bila Anda berencana akan berlibur ke negara-negara yang ada di Eropa, pastikan Anda telah menjadwalkan Belanda sebagai salah satu negara yang akan Anda kunjungi. Belanda adalah negara yang sangat pas dijadikan sebagai tujuan destinasi liburan ke luar negeri karena negara ini memiliki ikatan emosional dengan Indonesia. Selain itu, tata kelola kota yang begitu baik, rapi, dan bersih ini akan membuat Anda betah untuk berlama-lama liburan di negara kincir angin ini. Ada banyak sekali destinasi wisata menarik yang bisa Anda kunjungi bila berlibur ke Belanda, salah satunya adalah Anne Frank House. Tempat ini disebut juga sebagai Museum Anne Frank, yang kerap dikatakan sebagai rumah saksi bisu atas sejarah kelam yang dialami oleh Anne Frank.

Anne Frank House merupakan rumah bersejarah dan dulunya merupakan tempat tinggal milik Anne Frank dan keluarganya. Sedangkan Anne Frank sendiri merupakan salah satu keturunan Yahudi yang hidup di zaman perang dunia kedua, dimana saat itu para tentara Nazi sedang memburu kaum yahudi lengkap dengan seluruh keturunannya. Anne Frank memiliki seorang ayah bernama Otto Frank yang bekerja di salah satu perusahaan rempah. Otto medesain rumahnya sedemikian rupa agar bisa dijadikan sebagai tempat tinggal sekaligus kantor untuknya bekerja. Namun, saat tentara Nazi sedang dalam masa puncak-puncaknya untuk mencari dan memburu keturunan yahudi, Anne Frank bersama keluarganya terpaksa untuk mengamankan diri di sebuah kamar rahasia yang ada di rumah ini. Kamar tersebut berukuran 46 meter persegi, tepatnya berada di bagian belakang dari rumah besar ini dan terletak di lantai dasar. Bukan main lamanya, Anne dan keluarga harus bersembunyi di ruangan kecil ini selama 2 tahun lebih 1 bulan.

Selama 2 tahun yang dihabiskan di ruang rahasia tersebut, setiap hari Anne selalu membuat diary kesehariannya dan menceritakan nasibnya yang sedang berada di ujung tanduk karena tengah diburu oleh para tentara Nazi. Namun, nasib nahas rupanya memang sedang menimpa Anne, karena beberapa waktu setelahnya, tentara Nazi mengetahui keberadaan kamar rahasia yang ditinggali Anne dan keluarga, lalu membawa mereka semua ke kamp pembantaian di Polandia. Selama Anne tertahan oleh tentara Nazi di kamp, ternyata ada beberapa pegawai Otto yang berusaha untuk menyelamatkan barang dan perabotan yang ada di rumah Anne, dan mereka pun menemukan buku diary yang ditulis Anne selama berada di tempat persembunyian. Cerita Anne menjadi terkenal di seluruh dunia berkat buku diary yang dituliskannya, serta menjadi salah satu hal yang membuat rumah Anne menjadi begitu menarik. Kini, rumah ini dijadikan sebagai museum dan bisa Anda kunjungi, sehingga Anda bisa melihat ruangan-ruangan yang dulunya digunakan oleh keluarga Anne, lengkap dengan kamar rahasia tempat mereka bersembunyi dahulu.

Jika Anda berniat untuk berkunjung ke museum ini, jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan tiap sudut ruangan yang ada di rumah ini. Selain itu, sebaiknya Anda juga mengajak orang-orang terdekat Anda, terutama orang-orang yang tertarik dalam hal sejarah, khususnya perang dunia kedua. Selain mendapatkan wisata edukasi, Anda akan mendapatkan pemandangan yang begitu indah sekaligus merasakan kepedihan Anne ketika masih menjadi korban pemburuan tentara Nazi. Berkunjung ke museum Anne frank akan membuat liburan ke Eropa Anda akan semakin sempurna.

Belanda

0 Comment